Pendidikan Karakter dengan Metode Sentra

Indonesia, memiliki sekitar 65 juta anak usia 0-14 tahun, dan separuhnya tidak mampu bersekolah. Kita juga memiliki sekitar 60 juta jiwa orang miskin dan sangat miskin. Bisa dibayangkan, seperti apa masa depan anak-anak itu. Padahal, mereka juga adalah para ahli waris utang luar negeri sebesar US$ 214,5 miliar, sekaligus merupakan generasi penerus bangsa yang terbenam kemiskinan dengan korupsi meraja lela. Dengan kondisi ini biaya untuk pendidikan tentu tidak optimal. Belum lagi metode pendidikan yg hanya mengejar kurikulum dan angka kelulusan. Nah, Bagaimana kita menyikapi kondisi ini, adalah pertanyaan yang menarik. Pendidikan yang kita berikan pada anak kita sejak dini akan membuat perubahan. Itulah sebabnya PAUD sekarang merebak, dan ada sebuah metode yang disebut metode sentra.

Model pembelajaran Sentra ini dikembangkan oleh Pamela Phelps di Florida, Amerika Serikat, sejak tahun 70-an, dan diadopsi, dibawa ke Indonesia oleh drg. Wismiarti Tamin, pendiri Sekolah Al-Falah di Ciracas, Jakarta Timur, 1996.

Metode Sentra adalah cara belajar-mengajar yang revolusioner bagi pendidikan anak usia dini. Inilah jawaban menyeluruh terhadap kebutuhan bangsa yang kini hibuk mencari formula bagi sebuah pendidikan karakter yang bisa mengubah  moral-mental-nalar bangsa ini menjadi lebih baik.

Metode Sentra merupakan paradigma baru di bidang pendidikan dan pengajaran. Dalam pembelajaran dengan Metode Sentra, kurikulum tidak diberikan secara klasikal, melainkan individual, disesuaikan dengan tahap perkembangan masing-masing anak. Maka, jumlah murid dalam satu kelas dibatasi, maksimal 12 anak. Selama proses pembelajaran, guru dilarang melakukan “3M”: tidak boleh melarang, menyuruh, marah/menghukum.

Metode ini membangun kecerdasan jamak, secara bersamaan dan berimbang: kecerdasan logika-matematika, bahasa, tubuh (kinestetik), ruang (spasial), kemandirian (intrapersonal), kepedulian sosial (interpersonal), musik. Seluruh potensi kecerdasan itu dibangun melalui sentra-sentra (wahana) bermain yang meliputi tiga jenis main: main pembangunan, sensorimotor dan main peran.

Oleh karena pendiikan Indonesia yang sedang berkembang ke arah pendidikan karakter, maka Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bekasi merasa perlu mengadakan seminar bertemakan “Pendidikan KarakterMelalui Metode Sentra” sekaligus Bedah Buku dan launching buku “Pendidikan Karakter Melalui Metode Sentra” tersebut yang ditulis langsung oleh Yudhistira ANM. Massardi (pendiri sekolah Batutis Al-‘Ilmi yang mengembangkan metode sentra).

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk :

Kegiatan ini diharapkan akan memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi peserta agar dapat:

  1. Memberi informasi dan wawasan seputar metode sentra.
  2. Memberi informasi dan wawasan tentang pendidikan karakter.
  3. Meningkatkan kompetensi dalam mengembangkan pendidikan pada proses pembelajaran.
  4. Mengenal multiple intelligences dan penerapannya.
  5. Melaksanakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Adapun kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

Waktu                       : Minggu, 27 Januari 2013.
Pukul                        : 08.00-13.00 WIB
Pembicara               : Yudhistira ANM. Massardi  dan Siska Y. Massardi
Tempat                     : Ruang Rapat Pemda Kota Bekasi
Target                        : 150 peserta
Fasilitas                     : Makalah, Snack, Sertifikat, Doorprice
Biaya                         : 30.000 (anggota IGI), 40.000 (Non IGI)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai seminar dan Bedah Buku ini dapat menghubungi panitia pada kontak kami dibawah ini:

 Contact Person :    1. Bu Beti,  Hp: 081511334417
                                 2. Bhayu Sulistiawan, Hp: 0857 4190 1033

Atau langsung SMS dengan format : NAMA#SEKOLAH#NO_HP#SENTRA kirim ke 087877881524

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s