Gaya Lesehan Pelatihan IGI Bekasi

Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bekasi melakukan kegiatan saling berbagi dengan guru-guru diwilayah Bantargebang, Bekasi. Seiring dengan motto IGI “Sharing and Growing Together“, maka IGI Bekasi terus berbagi dengan guru-guru di wilayah Bekasi. Kali ini IGI Bekasi memilih SD Insan Kamil sebagai tempat berbagi kepada guru-guru. Insan Kamil adalah sebuah Sekolah Dasar Islam yang berada di wilayah pinggiran Bekasi, untuk menjangkaunya saja membutuhkan perjuangan dari para peserta maupun pejuang-pejuang perubahan dari IGI Bekasi. Namun jarak yang jauh, jarak yang mungkin suklit dijangkau, buat IGI Bekasi itu bukanlah sebuah kendala untuk melakukan sebuah kegiatan, bahkan itu menjadi sebuah dorongan untuk berbagi dengan mereka-mereka yang berada dipelosok pedesaan.

Seiring dengan program memasyarakatkan internet dikalangan guru-guru, maka IGI Bekasi terus menerus memberikan kesempatan untuk bersama-sama belajar mengenal apa itu browser,email, facebook, twitter, serta secara aplikatif dibimbing agar dapat menggunakannya, atau juga bagaimana cara pemanfaatan kesemuanya itu untuk pembelajaran.

Pada pelatihhan kali ini ada sesuatu yang berbeda, dimana seluruh peserta, pemandu, ataupun pemateri sama-sama duduk dilantai (lesehan). Namun demikian keseriusan tetap tergambar pada raut wajah semua yang hadir mengikuti pelatihan ini.

(Pemateri yang trendy sedang menyampaikan materi dihadapan peserta)

(Walau dengan lesehan, keseriusan, keingin-tahuan sangatlah tinggi)

Kegiatan ini kami mulai pukul 08.00 WIB, dengan diawali sambutan dari ketua panitia Dra. Betti Risnalenni yang juga merupakan pemilik Insan Kamil dan juga Wakil Ketua IGI Bekasi. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari IGI Bekasi, yang diwakili oleh Taufiqurrohman.

Baru sekitar pukul 08.30 acara pelatihan sesi 1 dimulai, yang diisi oleh pa Gunawan dengan dipandu oleh bu Siti Mugi Rahayu. Pada sesi ini, pemateri mengenalkan beberapa browser atau mesin pencari, setelah itu peserta dipandu untuk membuat email di yahoo, disinilah peran rekan-rekan dari IGI Bekasi mulai nampak. Disaat pemateri menjelaskan, peserta mulai membuka dan membuat email, maka setiap peserta akan dibantu, dibimbing dalam pembuatan email tersebut oleh anggota IGI Bekasi yang hadir saat itu, sehingga pada saat itu benar-benar nampak kegiatan berbagai yang dilakukan oleh IGI Bekasi khususnya.

(Salah seorang tim pemandu IGI Bekasi sedang membantu peserta)

Setelah selesai membuat email, peserta dibimbing untuk menggunakannya; yaitu bagaimana cara berkirim dan menerima surat via email tersebut, lalu dibantu mengirim email dengan menggunakan lampiran atau attechment. Setelah materi ini selesai, peserta dipandu untuk bergabung di milis IGI Bekasi.

Setelah satu setengah jam berlalu, kini peserta menerima mareti sesi 2, yaitu Sosial Media yang disampaikan oleh bu Susi Sukaesih. Pada sesi ini, peserta dipandu untuk memanfaatkan dua sosial media yang sangat dikenal, yaitu Facebook dan Twitter.

Facebook dan Twitter bukanlah  sosial media (sosmed) yang hanya bisa dimanfaatkan untuk update status saja, akan tetapi disini dipandu bagaimana agar keduanya dapat dijadikan media pembelajar oleh guru-guru peserta pelatihan. Selain itu peserta juga dipandu untuk bergabung di grup facebook IGI Bekasi dan juga twitter IGI Bekasi di @igibekasi.

Pada sesi kedua ini sempat terhambat penyampaian materi, hambatan datang manakala listrik padam, namun segera dapat diantisipsi. Lalu ada lagi hambatan lain, wifi yang disediakan oleh SD Insan Kamil tiba-tiba low (walau ada dipelosok ternyata SD Insan Kamil punya wifi), namun tetap semangat dan jalan terus dan hingga akhirnya kembali normal. Dan tanpa terasa jam sudah menunjukan pukul 12.10 menit, artinya pelatihan harus segera diakhiri.

Pada pelatihan kali ini IGI Bekasi menyampaikan apresiasi yang cukup tinggi kepada Bapak Iwan Kurniawan dan Ibu Okti Lilis Linawati kedua peserta ini merupakan peserta terjauh yang mengikuti pelatihan ini, keduanya adalah guru dari SDN Pagelaran 3 Cianjur.

Selain itu, IGI Bekasi mengucapkan terima kasih kepada CV. WJF Barokah dan Galeri Warung Pojok yang telah memberikan doorprize buat peserta pelatihan internet dasar 1 dan 2. Juga kepada SMP Plus Attaqwa 12 dan SD Insan Kamil yang sudah bersedia menjadi tuan rumah untuk penyelenggarakan kegiatan pelatihan ini.

Akhirnya, kami ingin menyampaikan kepada guru-guru semua, bahwa kami masih akan terus berbagi dan berbagi, demi melahirkan guru-guru yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Jika ada pihak-pihak yang mau turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan IGI Bekasi kami sangat terbuka.

Kami mengucapkan sampai jumpa pada kegiatan IGI Bekasi berikutnya, tanggal 25 Maret 2012 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

2 thoughts on “Gaya Lesehan Pelatihan IGI Bekasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s